Berita

Persiapan Survei Indeks KUB Tahun 2023, Kakankemenag KSB : "Kerukunan Umat Beragama merupakan Tanggung Jawab Kementerian Agama"

Kamis, 30 Maret 2023 12:26 WIB
  • Share this on:

Taliwang, 30 Maret 2023 - Sesuai arahan Menteri Agama tentang pentingnya evaluasi kerukunan umat beragama sebagai gambaran peta kondisi kerukunan umat beragama di Indonesia. Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat bersama Badan Penelitian,Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama RI melaksanakan Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Survei Evaluasi Indeks Kerukunan Umat Beragama yang diikuti oleh 10 Orang Penyuluh Agama yang merupakan perwakilan dari tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat ini. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat yang dimulai pada pukul 09.00 Waktu Indonesia Tengah. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa menjaga Kerukunan Umat beragama di wilayah Indonesia ini adalah merupakan tanggung jawab utama dari Kementerian Agama. 

"Walaupun disini terdapat beragam umat Beragama dikarenakan banyaknya pekerja pendatang seperti di wilayah pertambangan di Kecamatan Maluk, Alhamdulillah di Kabupaten Sumbawa Barat ini adalah Kabupaten yang paling aman terkait kerukunan umat beragama dan bisa dibilang KSB ini adalah wilayah zero conflict yang diakibatkan oleh masalah kerukunan umat beragama. Walaupun demikian, kita sebagai Kementerian Agama yang merupakan pengawal atau penjaga Kerukunan umat beragama harus tetap terus menjaga hal tersebut, dan kegiatan ini sendiri adalah bentuk nyata Kementerian Agama dalam menjaga Kerukunan Umat Beragama di wilayah Indonesia ini." ungkap Kakankemenag KSB tersebut. 

Setelah dibuka oleh Kakankemenag KSB, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Teknis Pelaksanaan Survey Evaluasi Indeks Kerukunan Umat Beragama Tahun 2023 yang disampaikan oleh Peneliti pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), H. Rusno Haji. Beliau menerangkan terkait teknis pelaksanaan Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Tahun 2023 ini. 

"Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama ini dilaksanakan di 34 Provinsi se-Indonesia. dan untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat, salah satu Kabupaten yang akan dilaksanakan survei KUB ini adalah Kabupaten Sumbawa Barat yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu bulan Maret sampai dengan bulan April tahun 2023 ini." ungkapnya. 

H. Rusno juga menambahkan bahwa dalam hal menunjang kegiatan ini perlu adanya bantuan dari Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat untuk dapat terjun langsung ke Masyarakat. "Untuk memperlancar survei KUB ini tentunya kami mohon bantuan dari Kementerian Agama KSB ini, khususnya bapak/ibu Penyuluh Agama yang merupakan perwakilan dari tiap Kecamatan untuk dapat menjadi Petugas Evaluasi selama pelaksanaan Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Sumbawa Barat ini." Ungkap H. Rusno Haji. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan teknis lengkap terkait Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Tahun 2023 kepada Petugas Evaluasi Survei KUB Sumbawa Barat. 

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB