Berita

Madrasah Mandiri dan Berprestasi, Super Quote pada Review Kurikulum Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025

Selasa, 30 Juli 2024 09:57 WIB
  • Share this on:

Humas Kemenag KSB. Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat H. Lalu Suhaili Pathanah, S.Pd, membuka sekaligus memberikan sambutan dan arahan  pada kegiatan Review Kurikulum Madrasah (Kurikulum Merdeka dan K13) Tahun Pelajaran 2024/2025 yang digelar oleh MTs Negeri 1 Sumbawa Barat pada hari selasa, 30/072024.

Dalam sambutannya, H. Lalu Suhaili menyampaikan apresiasi kepada Keluarga Besar MTsN 1 Sumbawa Barat dengan terselenggaranya kegiatan Review Kurikulum Madrasah dan melibatkan semua unsur yang ada di dalamnya. Ini sebagai bukti bahwa pihak Madrasah sangat serius dalam pengembangan Kurikulum Madrasah. 

"Saya mengapresiasi pihak MTsN Sumbawa Barat atas terlaksananya kegiatan ini dengan melibatkan semua unsur, mulai dari Komite, Guru, TU, bahkan Siswa/i ikut serta untuk diberikan pemahaman terkait Kurikulum Madrasah agar proses eksekusi dari kurikulum ini mendapat hasil maksimal. Hal tersebut sebagai bukti bahwa MTsN 1 Sumbawa Barat sangat serius dalam melaksanakannya." Ungkapnya.

Beliau juga menerangkan bahwa, "sia-sialah sebuah ide atau gagasan yang kemudian masuk dalam rancangan program jika implementasinya kurang maksimal. Untuk itu, beliau berpesan kepada semua yang hadir, jika strategi pembelajaran dapat dieksekusi dengan benar setelah melalui perencanaan yang matang, maka hasilnya bisa optimal dan membuahkan hasil sesuai harapan. Jangan sampai selogan Madrasah Mandiri dan Berprestasi itu hanya sebatas kata-kata. Jadikan itu sebagai motivasi untuk lebih semangat lagi dalam bekerja" terangnya.

Lebih lanjut, H. Lalu Suhaili berharap agar seluruh tenaga pendidik selalu update dalam berbagai persoalan, baik dari segi pemahaman, sarana maupun prasarana dan yang paling penting adalah kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi untuk menaklukkan tantangan jaman di era digital seperti saat ini. Kemudian yang tidak kalah penting adalah setelah kegiatan ini usai, jangan berhenti dan tetap dilanjutkan pada tahap implementasi. 

"Bekerjalah dengan integritas, profesional, inovatif, bertanggung jawab dan berupaya menjadi teladan yang baik bagi peserta didik seperti lima nilai budaya kerja Kementerian Agama yang kita ketahui. Tetap berpegang teguh pada sebuah prinsip bahwa rencana tanpa tindakan tidak akan menghasilkan apa-apa" pesannya.

Sebelumnya, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sumbawa Barat, Bapak Jalaluddin, S.Ag menyampaikan laporan pada sambutan awal bahwa "MTsN 1 Sumbawa Barat telah dibentuk Tim Pengembangan Kurikulum yang terdiri dari 15 anggota dan dibagi menjadi 4 tim. Tim ini dibentuk untuk  merancang strategi pembelajaran terkait Kurikulum Madrasah. Adapun kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Merdeka untuk kelas 7 dan 8, lalu Kurikulum 13 untuk tahun terakhir. Kami berkomitmen untuk merampungkan Rancangan ini secepat mungkin untuk bisa segera diimplementasikan untuk Tahun Pelajaran 2024/2025." Pungkasnya. (Humas)

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB