Berita

Kemenag KSB Gelar FGD Peningkatan Kualitas Layanan Kelembagaan KUA Periode I Tahun 2023

Kamis, 27 April 2023 12:55 WIB
  • Share this on:

Sumbawa Barat - Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat melalui Seksi Bimas Islam menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Kualitas Layanan Kelembagaan KUA Periode I Tahun 2023 pada Rabu (26/4/2023) di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KUA dan Operator, serta Penyuluh Agama di KUA se-Kabupaten Sumbawa Barat.

Tujuan FGD ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme petugas KUA dalam memberikan pelayanan keagamaan yang berkualitas, cepat, mudah, dan transparan kepada masyarakat. Beberapa topik yang dibahas dalam FGD antara lain adalah standar pelayanan publik, transformasi digital, manajemen kelembagaan, bimbingan keluarga sakinah, bimbingan kemasjidan, bimbingan dan penerangan agama Islam, serta bimbingan zakat dan wakaf.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag KSB, H. Udin Syafruddin, menyampaikan bahwa KUA harus menjadi pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat. Ia menekankan pentingnya revitalisasi KUA tidak hanya dalam aspek fisik, tetapi juga dalam aspek non fisik seperti sumber daya manusia, sistem informasi, dan program kerja. Ia juga mengingatkan agar petugas KUA selalu mengedepankan etika dan integritas dalam melayani masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik mengapresiasi kegiatan FGD ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja KUA di wilayahnya. Ia berharap agar hasil FGD ini dapat diimplementasikan dalam praktik pelayanan sehari-hari di KUA. Ia juga berpesan agar petugas KUA senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak terkait, seperti Disdukcapil, Pengadilan Agama, FKUB, MUI, dan tokoh masyarakat.

FGD ini berlangsung dengan lancar dan interaktif. Para peserta FGD aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber tentang berbagai permasalahan dan solusi yang berkaitan dengan pelayanan KUA. Kegiatan ini ditutup dengan pembacaan hasil evaluasi Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Kualitas Layanan Kelembagaan KUA Periode I Tahun 2023.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB