Berita

Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) di SMKN 1 Seteluk

Selasa, 23 Mei 2023 09:43 WIB
  • Share this on:

Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat kembali menyelenggarakan kegiatan BRUS (Bimbingan Remaja Usia Sekolah) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seteluk. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya untuk menekan tingkat perceraian di Indonesia yang masih tinggi akibat dari banyaknya terjadi pernikahan pada usia dini.

"Kami dari kementerian agama memiliki program BRUS yang bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada para remaja di usia sekolah agar tidak terjadi salah pergaulan yang berdampak buruk pada moral mereka, serta meningkatkan kesadaran bersama dalam mendidik moral para penerus bangsa," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik dalam sambutannya di SMKN 1 Seteluk, Selasa (23/05/2023).

Acara tersebut diikuti oleh kurang lebih 100 siswa/i SMKN 1 Seteluk, yang terdiri dari berbagai tingkat kelas. Mereka mendapatkan bimbingan terkait pemahaman agama yang dibawakan oleh para pembicara yang ahli di bidangnya.

H. Ahmad Taufik menambahkan bahwa kegiatan BRUS diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi para peserta, terutama dalam membentuk karakter dan moralitas mereka sebagai penerus bangsa. Ia juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam membantu menjaga prilaku dan moralitas anak-anak mereka.

Kepala SMKN 1 Seteluk, yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Seteluk, menyatakan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan BRUS tahun ini di sekolahnya. Ia berharap program BRUS dapat terus dilaksanakan di sekolah-sekolah dan dapat memberikan manfaat yang baik bagi para siswa/i di Indonesia khususnya di Sumbawa Barat ini. "Kegiatan seperti BRUS ini sangat penting untuk mendidik moral para penerus bangsa, terlebih lagi di era modern seperti sekarang di mana banyak sekali pengaruh buruk yang bisa mempengaruhi pola pikir mereka," ujarnya.

Seusai dibukanya Kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) oleh Kepala Kantor Kemenag KSB, kegiatan dilanjutkan dengan sesi materi yang disampaikan oleh Kepala KUA Kec.Brang Rea, Muslim, S.Ag. dan JFT Penyuluh Agama Islam Kemenag KSB, Fathurahman, S.Sos.I. Kegiatan acara berjalan dengan lancar dan sukses, serta memberikan banyak manfaat yang besar bagi para peserta.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB