Berita

Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan, Kakankemenag KSB : "Jamaah Haji berhak mendapatkan Kenyamanan dalam Beribadah Haji"

Selasa, 9 Mei 2023 11:28 WIB
  • Share this on:

Dalam rangka mempersiapkan jemaah haji untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik dan khusyuk, Kantor Urusan Agama se-Kabupaten Sumbawa Barat mengadakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan. Acara ini diselenggarakan selama 8 Hari tepatnya pada tanggal 9 - 16 Mei 2023. Dalam pelaksanaannya, Manasik Haji Tingkat Kecamatan ini dibagi menjadi 2 Kelompok yaitu Kelompok 1 diikuti oleh Jemaah Haji dari Kecamatan Taliwang, Jereweh dan Maluk yang dilaksanakan di Masjid Ar-Rahman Taliwang. Sedangkan untuk Kelompok 2 diikuti oleh Jemaah Haji dari Kecamatan Poto Tano, Seteluk, Brang Rea, Brang Ene dan Sekongkang yang diselenggarakan di Masjid Agung Darussalam Sumbawa Barat. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk persiapan agar jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran Islam.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik menyampaikan bahwa kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang tata cara melaksanakan ibadah haji, mulai dari persiapan fisik dan mental, tata cara shalat, thawaf, sa'i, serta pelaksanaan ibadah-ibadah lainnya.

Beliau juga menyampaikan materi terkait Hak dan Kewajiban Jamaah Haji. "Mendapatkan kenyamanan, aman, tenang dan khusyuk tanpa gangguan dalam melaksanakan Ibadah Haji merupakan Hak bagi Jamaah Haji. Dan semua hak-hak ini harus dihormati dan dilindungi oleh pemerintah dan semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan Ibadah Haji tanpa terkecuali Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat." Ujar H. Ahmad Taufik. 

Acara ini diisi oleh narasumber yang ahli di bidangnya serta dipandu oleh para ustadz dan ustazah yang berpengalaman dalam memberikan bimbingan manasik haji. Selama kegiatan berlangsung, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan para narasumber.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan pemahaman yang lebih baik bagi calon jemaah haji sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk. Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat juga mengingatkan calon jemaah haji untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada. 

Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi calon jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB